Perlindungan hukum atas kerusakan barang


[?] Sebagai sebuah toko terkadang mengalami suatu kerugian yg diakibatkan oleh terjadinya kerusakan barang karena mutu yg kurang bagus. Retur atau komplain atas hal demikian tidak diperjanjikan, kalaupun ada retur atau tanggapan dari perusahaan (distributor) atas keluhan kerusakan hal itu semata niat baik dari pihak perusahaan. Atas kondisi demikian sesungguhnya adakah hukum atau UU yg dapat melindungi saya "pelaku usaha/toko" dari timbulnya kerugian akibat mutu barang jelek, dapatkah UU Perlindungan Konsumen mengcover hal demikian ?. Terima kasih

Opini :
Retur Barang [rusak] dari Toko kepada Distributor, terkadang memang tidak diperjanjikan secara tegas antara Toko & Perusahaan [distributor]. Kalaupun hal ini tidak diperjanjikan, hal retur [pengembalian dan penggantian barang dari Toko kepada Distributor] sesungguhnya sudah diatur tegas dalam UU-Perlindungan Konsumen yaitu pada Pasal 7 [g] UU No.8 Tahun 1999 yang mengatur bahwa Pelaku Usaha [distributor/suplier/penyalur kepada toko] berkewajiban untuk memberi kompensasi, ganti rugi, dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima atau dimanfaatkan tidak sesuai dengan perjanjian, bahkan Pelaku Usaha berkewajiban untuk memberi kompensasi, ganti rugi dan/atau PENGGANTIAN atas kerugian akibat penggunaan, pemakaian dan pemanfaatan barang dan/atau jasa yang diperdagangkan [Pasal 7.f].

Salam hormat
Robaga Gautama Simanjuntak
NIA : B.95.10234
Kerjasama DPC-Peradi-Jakarta Selatan Selaku
Mitra Klinik Hukum Online
Sent 5/20/2009 12:28:03 PM