Pembatalan Premi Asuransi


[?] Salam, Pengasuh hukum online.com yth; Saya mempunyai permasalahan dengan asuransi, pada tahun 2004 yang lalu saya menjadi pemegang polis asuransi jiwa perorangan pada PT Asuransi Allianz Life Indonesia, jenis asuransi SMART FUTURE 55. Saya berkewajiban membayar premi tahunan sebesar Rp. 6o juta pertahun selama lima tahun. Pada tahun ke lima (terakhir) saya tidak sanggup lagi membayar premi karena keadaan ekonomi setelah berhenti dari jabatan pekerjaan. Setelah melewati masa tenggang dari pihak asuransi (2 tahun) dan saya tetap tidak bisa membayar premi tahun terakhir, pihak asuransi mengatakan bahwa polis saya telah batal dan uang premi yang telah saya bayar (kurang lebih Rp. 240 juta) menjadi hangus. Pertanyaan saya, apakah memang demikian resiko yang harus saya pikul, dan bisakah saya mendapatkan hak-hak saya kembali? Saya mohon bantuan dan penjelasan dari pengasuh Yth Demikian, sebelumnya saya ucapkan terima kasih
Alfian Malik


Kepada Sdr. Alfian Malik,
Membaca persoalan Sdr, sungguh pedih saya rasakan. Asuransi yang anda persiapkan dengan tujuan untuk hari tua, sebaliknya malah membuat anda pada akhirnya tidak dapat menikmati fasilitas yang sudah anda bayangkan pada waktu pertama kali anda memutuskan untuk ikut serta dalam programnya. Menyikapi pertanyaan anda, saya tidak dapat memberikan pandangan secara lugas karena anda tidak menyampaikan syarat/klausul menjadi hangusnya dana yang sudah anda setorkan dalam hal terjadi keadaan yang menyebabkan anda tidak dapat lagi membayar setoran pertahunnya. Namun demikian, anda dapat melakukan upaya yaitu mendatangi dan/atau menulis surat kepada PT. Asuransi Allianz Life Indonesia yang isinya mempertanyakan tentang penyebab hangusnya uang yang sudah anda setorkan sebesar Rp 240 juta tersebut. Tanyakan tentang alasan menjadi hangusnya uang yang sudah anda setorkan. Kemudian anda juga dapat mempelajari dokumen yang anda tanda tangani ketika anda mengikatkan diri dalam program asuransi SMART FUTURE 55. Jika anda rasakan sulit untuk mengerti isi dari dokumen yang dimaksud, anda dapat menunjuk pihak yang mengerti akan hal tersebut sehingga upaya penyelesaian dapat berjalan efektif, efisien, tepat sasaran dan yang terpenting anda memperoleh pelayanan secara benar dan tidak diskriminatif dari pihak perusahaan PT. Asuransi Allianz Life Indonesia serta penyelesaian masalah secara patut.

Salam,
Tisye Erlina Yunus, SH.,MM. NIA
B.99.10408
Kerjasama DPC-Peradi-Jakarta Selatan Selaku
Mitra Klinik Hukum Online
Kategori : Perlindungan Konsumen